Seminggu yang lalu saya ikut kelas school for homeschool fasilitator (SfHF). Sebelum acara,ada kelas offline via wa grup. Kami diminta untuk membuat roadmap perjalanan homeschool kami. Masih belum ada gambaran gamblang tentang roadmap yang diminta. Berusaha sepemahaman saya membuat roadmap perjalanan homeschool kami.
Sampai sesi acara tiba yaitu tanggal 18,19,20 januari. Sesampai dihotel tempat berlangsungnya acara, suasana belajar sudah terasa. Hari pertama kelas sfhf kami berdiskusi tentang tipe edukasi yang ada yaitu education 1.0, education 2.0, education 3.0. Kami diminta untuk memahami makna masing-masing tipe/model edukasi tersebut dan mengidentifikasi tipe mana yang kami jalankan dalam membersamai ananda.
Kemudian kami diminta untuk berdiskusi tentang kriteria anak yang unggul setelah usia 18 tahun (output).
Setiap pilihan membawa konsekuensi masing-masing.
Misal ketika menginginkan anak yang beraqidah kuat.
Siapkah kita jika kriteria tersebut tidak tercapai? Ketika off the track mungkin ada jalan dan cara yang perlu kita kita ubah diiringi doa.
Begitupun sebaliknya, siapkah kita jika aqidah ananda kuat?
Hari kedua kita diminta untuk membuat rencana perjalanan homeschool ke depan pada periode waktu tertentu.
Bagaimana cara mendapatkan feedback dari anak?
Bagaimana menetapkan indikator yang terukur?
Hal apa saja yang perlu dikuatkan saat menjalankan homeschool untuk mencapai kriteria unggul masing-masing keluarga? IMAN-AKHLAQ-ADAB-BICARA.
Kemudian ada sesi open space dimana kita bebas memilih mau belajar tentang hal apa yang menjadi rasa ingin tahu kita.Semua guru, semua murid.
Keuntungan open space adalah
- Melatih struktur berpikir
- Melatih bahasa dan komunikasi
- Berani menyampaikan ide
- Berani tampil
- Kolaborasi
- Mendapat feedback
- Mempengaruhi orang
- Transfer semangat
- Ajang aktualisasi diri
- Melatih crictical thingking.
Open space bisa dimulai dari lingkup keluarga dulu sebelum melebar keluar. Misal anak tampil dan ortu sebagai audiens atau sebaliknya. Izinkan anak bercerita tanpa intervensi tentang hal apa saja yang ingin ananda ceritakan.
Saya dan suami mulai berdiskusi tentang roadmap homeschooling keluarga kami setahun kedepan. Bahkan mungkin sudah berpikir output ananda sebagai subjek HS saat aqil baligh kelak. Sehingga kami break down sistemnya setiap satu tahun kedepan disesuaikan dengan output yang diharapkan.
Syaina saat ini berusia 4y6m,dalam framework FBE syaina masuk dalam tahap penguatan dan perawatan fitrah. Sehingga fokus kami adalah penguatan dan perawatan masing-masing aspek fitrah. Yang menjadi golden age diusia tersebut adalah dikuatkan dan dirawat fitrah iman tentang Allah, al-qur'an, rasullulah, kebaikan dan islam.
Ada 8 aspek yang menjadi fokus kami setahun kedepan yaitu aqidah dan adab, life skill, kaya wawasan, fitrah belajar dan nalar, fitrah jasmani, fitrah individualitas dan fitrah seksualitas.
Roadmap kurikulum ini adalah salah satu ikhtiar kami sebagai orang tua. Bersungguh-sungguh ikhtiar dalam proses dan berserah diri padaNYA atas hasilnya.Bukan bermaksud menuhankan rencana, hanya saja kami ingin menuangkan apa yang ada dipikiran kami bersama agar kami sama-sama satu langkah, tahu saat on track dan off track.
#PerjalananKPK
#RoadmapSyaina
#4y6m
Tidak ada komentar:
Posting Komentar