Rabu, 07 Maret 2018

Bermain peran profesi di bank

Tempat kegiatan:Rumah

Deskripsi:
Mendekati usia 3y8m syaina suka bermain peran.Akhir-akhir ini syaina suka bermain peran aktivitas di bank.

Berawal dari beraktivitas bersama,syaina sering kami ajak dalam setiap aktivitas kami termasuk saat kami ke bank.Tujuannya adalah memperkaya wawasan syaina tetang beragam profesi yang ada dibank.Di bank syaina akan mengamati beragam kegiatan yang dilakukan oleh beberapa profesi.

Di rumah syaina biasanya akan meminta kami menemaninya untuk praktek langsung kegiatan yang dilakukan di bank oleh beberapa profesi di bank berdasarkan hasil pengamatannya.Singkirkan ego diri,hadir utuh sepenuh hati,siap sebagai fasilitator dan mengikuti skenario syaina menumbuhkan segenap fitrahnya.

Skenario syaina siap dijalankan
1. Berbagi peran profesi
Abi sebagai satpam bank
Umi sebagai nasabah bank
Syaina sebagai teller

2.Menyiapkan peralatan yang dibutuhkan dan jobdesk
Abi sebagai satpam mencari tongkat pengaman satpam.Bertugas menjaga pintu,membukakan dan menutup pintu jika ada nasabah,siap membantu nasabah jika mengalami kesulitan layanan.
Umi sebagai nasabah siap dengan pakaian ala nasabah dengan sepatu tinggi,membawa buku tabungan dan uang dalam tas/dompet.
Syaina sebagai teller siap dengan pakaian teller yang khas dengan sepatu tinggi,menata uang,menyiapkan alat penghitung uang (dengan kranjang mainan dan lapotop (menggunakan wadah kaset VCD) dengan peralatan yang ada,siap melayani nasabah yang menuju teller.

Setelah berbagi peran dan menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.Permainan dimulai
1.Nasabah masuk ke bank,dibukakan pintu oleh pak satpam sambil mengucap salam dengan melipat kedua telapak tangan kedepan dada dan berkata ada yang bisa saya bantu?Satpam memberikan nomer antrian (potongan kertas kecil).

2.Nasabah menuju meja penulisan jenis transaksi yang akan dilakukan.Menulis pada secarik kertas (corat-coret).

3.Nasabah duduk dikursi tunggu untuk menunggu antrian.

4.Teller memanggil "Nomor antrian 36"

5.Nasabah menuju teller

6.Teller menyapa dan berkata ada yang bisa saya bantu?Komunikasi berlangsung (ternyata syaina mengamati gaya komunikasi antara teller dan nasabah).Teller menerima buku tabungan,slip setoran dan nomor antrian.Teller menerima uang dari nasabah.Teller berpura-pura mengetik di laptop dan mengikat uang dengan karet (Syaina sudah mampu mengikat uang dengan benar menggunakan karet).Teller menghitung uang dengan alat penghitung uang (saat dibank syaina tampaknya mengamati proses menghitung uang dengan alat penghitung,syaina menyebutnya didereret dulu).
Saat adzan dhuhur tiba,syaina meminta kami untuk menghentikan kegiatan dan mengajak simulasi shalat berjama'ah (tampaknya syaina teringat saat kami berkunjung ke salah satu bank syariah bertepatan dengan adzan dhuhur,bank tersebut memiliki value untuk menghentikan kegiatan setelah ada adzan berkumandang dan mempersilahkan untuk shalat berjama'ah).

7.Diakhir pelayanan teller meminta nasabah tanda tangan di slip bukti setoran (saya mengikuti instruksi syaina untuk tanda tangan diselembar kertas).

8.Teller mengucapkan terimakasih dan salam.

9.Nasabah keluar lewat pintu dan dibukakan satpam sambil mengucapkan terimakasih dan salam.


Ekspresi syaina saat melakukan kegiatan bermain peran ini adalah senang dan berbinar.

Hikmah selama kegiatan:
1. Syaina memiliki wawasan baru tentang berbagai profesi yang ada dibank dan jobdesk masing-masing
2. Tumbuhnya beberapa fitrah lewat kegiatan ini
Fitrah iman: berhenti berkegiataan saat adzan tiba dan segera shalat
Fitrah belajar dan nalar,fitrah perkembangan,fitrah bahasa: Syaina belajar apa jobdesk masing-masing profesi dibank,mampu mempraktekan peran teller,mampu mempraktekan gaya komunikasi dan sikap profesi-profesi dibank, belajar hal apa saja yang ditemui disana (mesin penghitung uang,buku tabungan).
Fitrah seksualitas: paham bagaimana gaya berpakaian antara laki-laki (satpam) dan teller (perempuan).
Fitrah bakat:muncul sikap suka melayani (belief) tampak dari peran teller yang ananda ambil dan suka mengatur (arranger dan comander) terlihat dari kemampuan syaina mengarahkan peran yang harus kami ambil dan skenario yang harus dijalankan kami.

Aspek perkembangan:motorik halus dan kasar (mencorat coret,mengikat,menata uang,berjalan), sosial (bertemu dengan banyak orang),emosi (sikap ramah saat melayani nasabah), kognitif (berpura-pura menulis dan menghitung uang).

Fasilitator: Umi dan Abi

Tindak lanjut:
1. Mengajak syaina untuk selalu ikut ke bank dengan tujuan menambah wawasan profesi lain dibank yang belum dijumpai syaina
2. Merancang project bermain peran jika syaina menemukan hal baru dibank.
3. Lebih prepare saat akan mengulangi kegiatan ini.
4. Bertukar peran profesi.
5. Mencatat hasil pengamatan sifat unik yang muncul dari kegiatan ini


Doa:
Ya allah berikan kami kesehatan,umur panjang dan kekuatan untuk terus bersungguh-sungguh membersamai ananda menumbuhkan fitrahnya.Berikan kami ide hebat dan inspirasi disaat fitrah belajar anak tumbuh.Hadirkan jiwa kami secara utuh saat kami bersamanya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar